Kubah Masjid Surabaya

                                                                             Kubah Masjid Surabaya


Pada dasarnya kubah dilihat warisan asli agama islam, tetapi sebenarnya kubah bukan hanya digunakan pada bangunan masjid saja kubah juga digunakan pada bangunan non muslim. Model dan bentuk kubah bermacam ada yang berbentuk 1/2 oval, elips dan ada pula yang berbentuk seperti bawang. Masing-masing daerah memiliki bentuk bentuk kubah yang berbeda. barlakunya era moderen yang semakin terdepan pada saat ini tentunya sebuah bangunan masjid membutuhkan kubah.  Kubah datang dari bhs yunani yaitu ‘cupola’ yang bermakna rumah tuhan, dan kubah sendiri sudah ada sejak mulai zaman yunani.
Hampir semua kebudayaan di dunia ketahui dan bahkan juga ada juga juga yang menggunakan kubah jadi ornament menambahkan dalam satu bangunan. Dari masa ke masa bentuk kubah berubah ubah. Pada saat ini Kubah sudah dilihat jadi kekhasan dari bangunan masjid. Walaupun dalam satu masjid tidak diharuskan menggunakan kubah tetapi, apabila hal tersebut tidak dikerjakan akan jadi satu hal yang terlupakan dalam pembangunan satu masjid. Karna dengan terdapatnya kubah disuatu masjid, jadi hal tersebut akan menjadikan icon ataupun kekhasan yang digunakan seseorang jadi penanda berdirinya masjid disuatu daerah. Di bagian beda kubah juga digunakan seseorang dalam perjalan jadi penanda berdirinya satu masjid, semakin besar dan indah kubah yang di buat jadi seseorang semakin yakin bila di tempat itu berdiri satu masjid. Selain itu kubah memiliki peran jadi penanda arah kiblat. Kubah sendiri memiliki beragam tipe bahan yang digunakan dalam membuatnya.
Salah nya adalah kubah memiliki bahan panel, kubah panel sendiri memiliki paduan motif warna yang demikian bagus yang dapat menambah nilai estetika dari kubah itu. Dalam pembuatan kubah panel biasanya menggunakan plat zincalume atau biasanya teman dekat sebut dengan gavalum, selain itu menggunakan plat baja low carbon atau biasanya disebut kubah enamel.

Gavalum yaitu logam gabungan pada aluminium dan seng sampai bahan gavalum sendiri mudah dan tahan pada karat, sedang enamel terbuat dari paduan kaca yang dileburkan di atas lempengan besi – baja pada oven dengan temperatur yang tinggi. Kelebihan kubah dengan susunan enamel yakni ketajaman dari warna yang bisa bertahan dengan lama bahan hingga berpuluh-puluh th..
Kelebihn yang dimiliki kubah panel sendiri, yaitu :
• Kubah memiliki bahan enamel lebih mudah, sampai dibutuhkan pondasi yang demikian kuat.
• Kemungkinan yang akan disebabkan waktu berjalan bencana gempa bumi tidak demikian besar.
• Potensi untuk bocor begitu kecil.
• Kubah dengan bahan ini lebih indah, bila dipadukan dengan warna yang tajam dan relative tahan lama.
Selain itu pembuatan kubah bisa pula menggunakan beton. kubah yang terbuat berbahan beton popular dengan kekokohhannya dan kemampuannya. Walaupun itu pembuatan kubah dengan bahan beton memerlukan dana yang cukup kuras isi dompet, mengapa bahan beton demikian mahal? karna bangunan yang menggunakan beton akan memerlukan pondasi yang kuat, sampai dibutuhkan material pendukungnya agar menambah kemampuannya maupun kekokohannya. Selain itu kubah beton demikian riskan berlangsung rusaknya bila berjalan gempa dan kubah beton mudah berlangsung kebocoran.
Hingga di sini rujukan mengenai kontraktor kubah masjid, mohon maaf bila ada kekeliruan maupun ada yang kurang prima karna kesempurnaan cuma miliki Allah SWT semata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *